Kamis, 18 Oktober 2012

MAKALAH GAMBAR TEKHNIK"PROYEKSI AMERIKA"


TUGAS :       

MAKALAH
GAMBAR TEKHNIK
“PROYEKSI AMERIKA”
OLEH
ISTIHSAN KAMIL
KELAS X

SMK TAMBANG  NUSANTARA KENDARI
  

Kata Pengantar

       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan kekuatan yang diberikan kepada Saya sehingga dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “Proyeksi Amerika”. Karya ilmiah ini merupakan salah satu tugas  dalam bidang study Gambar Tekhnik. Saya selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Yusran Azis S,HUT selaku guru Gambar Tekhnik yang telah banyak memberikan saran-saran dan bimbingan kepada Saya sejak awal  sampai dengan selesai nya karya ilmiah ini.

     Akhir kata Saya mengucapkan terima kasih, semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagai para pembaca.

























                                                                                                                                      






BAB I

PENDAHULUAN



A.Latar Belakang

        Proyeksi merupakan cara penggambaran suatu benda, titik, garis, benda ataupun pandangan suatu bidang gambar. Proyeksi dibagi menjadi 2, diantaranya adalah Proyeksi Amerika. Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidang nya sama dengan arah pandang nya. Proyek Amerika dikatakan juga proyeksi sudut ketiga dan juga ada yang menyebutkan proyeksi kuadran III.Proyeksi ini disebut juga dengan cara “A”karna dipakai oleh Amerika, digunakan juga oleh negera-negara bagian Laut Pasifik, seperti Kanada, Jepang, Australia, dan sebagainya.
           
B.Tujuan

     Denga menulis karya ilmiah ini, siswa/pembaca dapat mengetahui cara Proyeksi Amerika, lambang/simbol, serta arah pandangan Proyeksi Amerika.


























BAB II

ISI


A.Kajian Pustaka

             Proyeksi Amerika adalah proyeksi yang letak bidang nya sama dengan arah pandangan nya. Proyeksi Amerika dipakai oleh Negara Amerika dan negara-negara bagian Laut Pasifik, karna dianggap lebih rasional.

B.Pembahasan

Proyeksi Amerika(Third Angle Projection)

      Proyeksi Amerika adlah proyeksi yang letak bidang nya sama dengan arah pandangannya                                     

P.Ka
P.Ki
P.Ba
P.Be
P.A
P.D
 

   Keterangan :
P.A          = Pandangan Atas
P.Kib       = Pandangan Kiri
P.Ka       = Pandangan Kanan
P.Ba        = Pandangan Bawah
P.Be        = Pandangan Belakang
 

                    
                                                                                 (P. atas)
 


                                                  (P. kiri)    (P. depan)   (P. kanan)  (P. Belakang)      
                              
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            (P.bawah)



Proyeksi Amerika juga disebut proyeksi kwadran ketiga atau proyeksi sudut ketiga atau cara “ A “, karena dipakai oleh Amerika. Negara lain yang menggunakan cara “ A “ adalah negara negara bagian Laut Pasifik, seperti Jepang, Kanada, Australia, dan sebagainya, karna dianggap lebih rasional.

Bidang-bidang proyeksi yang paling banyak dipergunakan adalah bidang horizontal dan bidang vertikal, seperti tampak pada Gambar 1


Gambar 1. Bidang Koordinat Utama dan Kwadran-kwadran
           


Bidang-bidang utama ini membagi seluruh ruang dalam empat kwadran.
Bagian ruang diatas bidang horizontal dan di depan bidang vertikal disebut kwadran pertama. Bagian ruang diatas bidang horizontal dan di belakang bidang vertikal disebut kwadran kedua. Kwadran ketiga adalah bagian ruang yang terletak di bawah bidang horizontal dan di depan bidang vertikal, dan kwadran keempat adalah bagian ruang yang terletak di bawah bidang horizontal dan di belakang bidang vertikal.
            Jika benda yang akan digambar diletakkan di kwadran pertama, dan diproyeksikan pada bidang-bidang proyeksi, maka cara proyeksi ini disebut “Proyeksi kwadran pertama“ atau “Cara proyeksi sudut pertama.”
Jika bendanya diletakkan pada kwadran ketiga, maka proyeksi demikian disebut “Proyeksi kwadran ketiga.” Sebenarnya masih ada cara proyeksi lain yaitu “Proyeksi kwadran kedua” dan “Proyeksi kwadran keempat,” yang tidak dipakai dalam praktek.
















Cara Proyeksi Amerika/Proyeksi sudut Ketiga

Benda yang akan digambar diletakkan dalam peti dengan sisi-sisi tembus pandang sebagai bidang-bidang proyeksi, seperti pada Gambar 2.2(a). Pada tiap-tiap bidang proyeksi akan tampak gambar pandangan dari benda menurut arah penglihatan, yang ditentukan oleh anak panah.
Gambar 2. Proyeksi Sudut Ketiga atau Proyeksi Amerika

Pandangan depan dalam arah A dipilih sebagai pandangan depan. Pandangan-pandangan yang lain diproyeksikan pada bidang-bidang proyeksi lainnya menurut Gambar 2(a). Sisi-sisi peti dibuka menjadi satu bidang proyeksi depan menurut anak panah (Gambar 2(b)). Hasil lengkapnya dapat dilihat pada Gambar 2(c). Dengan pandangan depan A sebagai patokan, pandangan atas B diletakkkab diatas, pandangan C dikiri, pandangan kanan D diletakkan di kanan, pandangan bawah E diletakkan di bawah, dan pandangan belakang dapat diletakkan di kiri atau kanan.

Lambang/Simbol Proyeksi Amerika





Penentuan Pandangan Proyeksi Amerika




























BAB III

PENUTUP



A.Kesimpulan

      Proyeksi Amerika adalah proyeksi yang letak bidang nya sama dengan arah pandangan nya. Proyeksi Amerika dipakai oleh Negara Amerika dan negara-negara bagian Laut Pasifik.

B.Saran

     Denga menulis karya ilmiah ini, siswa/pembaca dapat mengetahui cara Proyeksi Amerika, lambang/simbol, serta arah pandangan Proyeksi Amerika.






























DAFTAR PUSTAKA


·        Buku ajar yang dibagikan.



















                                               

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar